Rehabilitasi Berbasis Masyarakat

Community Based Rehabilitation (CBR) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan rehabilitasi berbasis masyarakat adalah strategi kerangka kerja pengembangan masyarakat untuk rehabilitasi, pengurangan kemiskina dan inklusi social seluruh masyarkat penyandang disabilitas.

Di Indonesia, para penyandang disabilitas sering sekali mengalami penolakan di keluarga mereka atau di masyarakat yang lebih luas karena adanya pandangan bahwa disabilitas disebabkan oleh perbuatan jahat di masa lalu. Sangat sedikit dukungan di pemerintah atau di tingkat non profit bagi mereka yang mengalami disabilitas di Pulau Nias. Akibatnya, sedikit atau bahkan tidak ada infrastruktur yang tersedia untuk mendukung para penyandang disabilitas menjalani hidup yang manusiawi dan bermartabat.

Melalui kerjasama dengan panti asuhan lokal, Wisma Alma, staf CKS berkunjung ke desa-desa terpencil, memberikan dukungan yang sangat diperlukan dan pendampingan kepada keluarga dan anak penyandang disabilitas.

Program CBR memiliki cakupan luas dan menyeluruh, dengan fokus utama meliputi rehabilitasi, pemberdayaan ekonomi dan ketahanan pangan. Program termasuk psikoterapi, terapi bicara, pendidikan aksara, penyuluhan masakan sehat, kebersihan pribadi dan pendampingan pertanian, dan juga kegiatan lainya berdasarkan situasi.

Untuk meningkatkan kondisi kemampuan keuangan para penyandang disabilitas, CKS juga melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan penghasilan ekonomi keluarga dengan sistem mikro kredit. Keluarga didampingi untuk mengidentifikasi dan menganalisa rencana usaha mereka. CKS kemudian memilih proposal berdasarkan kelayakan usaha, potensi keuntungan dan kemampuan keluarga. Sistem dana bergulir kemudian dilakukan, dimana penerima manfaat berikutnya menggunakan dana yang dibayar oleh penerima manfaat sebelumnya.

Hingga saat ini, program CBR telah mendampingi 116 penerima manfaat, di berbagai wilayah di Pulau Nias. Untuk mengetahui lebih jauh tentang kisah luar biasa dari penyandang disabilitas tersebut, dapat mengunjungi blog kami.